Menakar Potensi Investasi Lewat Seminar Internasional Bertajuk ‘Indonesia’s Investment Potential’

Bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Tawau, Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) telah menyelenggarakan seminar internasional bertajuk ‘Indonesia’s Investment Potential’ pada Kamis lalu (4/9). Seminar yang digelar secara daring ini berlokasi di Tawau, Sabah, Malaysia.

Pengacara Jakarta

Law Firm Dr. iur Liona N. Supriatna, S.H., M.Hum.- Andri Marpaung, S.H & Partners – Cimahi Jalan Telegrafia I No. 1 Komplek Telkom Kebon Kopi,…
Read More

Dalam sambutannya, Kepala Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Tawau, Sulistijo Djati Ismojo, S.H., LL.M menyampaikan bahwa seminar ini bertujuan untuk mempromosikan investasi di calon ibu kota baru dan semua wilayah Indonesia. Selain itu, seminar ‘Potensi Investasi di Indonesia’ juga diharapkan mampu memberikan gambaran tentang potensi serta meningkatkan nilai investasi asing di Indonesia, khususnya di Kalimantan.

“Malaysia sebagai wilayah terdekat dengan ibu kota negara Indonesia yang baru, tentunya akan sangat menguntungkan bagi Indonesia. Pengusaha Malaysia tidak akan membawa tenaga kerja dari negaranya, sehingga akan menggunakan tenaga kerja Indonesia. Dengan demikian, akan membawa manfaat positif bagi peningkatan perekonomian di Kalimantan,” tutur Sulistijo.  

Sulistijo melanjutkan, Tawai, Sabah, Malaysia sendiri berbatasan dengan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Penghasilan utama dari wilayah Tawau adalah perkebunan kelapa sawit, di mana para pengusaha di sana tidak hanya memiliki perkebunan di Tawai, tetapi juga di wilayah Indonesia yang berdekatan dengan Sabah. Selain itu, penghasilan lain yang besar juga berasal dari perikanan—di mana Tawau menjadi tempat transit produk perikanan dari Kalimantan Utara untuk diekspor kembali ke Tiongkok, Taiwan, Semenanjung Malaysia, Brunei, dan Singapura.

Setelah Presiden Jokowi mengumumkan akan dibuat ibu kota negara yang baru di Kalimantan Timur, KRI Tawau telah beberapa kali menerima permintaan investasi. Tidak hanya itu, Ketua Menteri Sabah (setingkat gubernur) telah berkunjung ke Balikpapan untuk bertemu dengan Gubernur Kalimantan Timur dan membawa rombongan pengusaha Sabah untuk melihat potensi kerja sama ekonomi di Balikpapan.

“Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Malaysia akan membuka sebuah jalur Custom, Quarantine, Imigration, Security (CIQS) baru di Sei Manggaris (Kalimantan Utara)-Serudong (Sabah) yang akan menjadi jalur darat pertama penghubungan Kalimantan Utara-Sabah dan juga terhubung dengan jalur Trans Kalimantan di bagian Indonesia. Wilayah Serudong sangat dekat dengan Tawau sehingga banyak pengusaha Tawau yang berminat untuk berinvestasi di Indonesia,” Sulistijo menambahkan.

Menakar Potensi Investasi di Indonesia

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Jendral Peradi, Thomas E. Tampubolon. Menurutnya, seminar ini bertujuan agar investor asing yang ingin berinvestasi di Indonesia mendapatkan pemahaman tentang potensi Indonesia, terutama Kalimantan.


Dalam seminar ini, juga disampaikan tata cara perizinan dan peraturan yang berlaku sehingga diharapkan dapat meningkatkan nilai investasi asing di Indonesia. “Peradi berharap dengan memberikan output yang positif kepada investor asing tentang potensi berinvestasi di Indonesia (doing business in Indonesia), sehingga dapat terjadi peningkatkan investasi yang berdampak peningkatan di sektor ekonomi di wilayah yang menjadi tujuan investasi. Manfaatnya, selain akan mengembangkan perekonomian di Indonesia terutama di Kalimantan, bisa dirasakan pula secara langsung bagi masyarakat setempat, ” Thomas menambahkan.

Seminar dihadiri langsung oleh sekitar 30 orang pengusaha di Tawau yang berasal dari Kamar Dagang China, Tawau; Dewan Perniagaan Bugis, Tawau; dan Dewan Perniagaan Bumi Putera-Tawau. Sementara itu, tiga pembicara yang terlibat dalam seminar di antaranya Partner Pendiri AKSET, Johannes C. Sahetapy yang membawakan materi bertema ‘Regulasi Investasi di Indonesia terkait Pendirian Perusahaan, Pembelian Tanah, Gedung, dan Alat-Alat Produksi’; Kepala Pusat Bantuan Hukum BKPM, Dr. Riyatno, S.H., LL.M. dengan tema ‘Daftar Investasi Asing yang Menjadi Fokus Pengembangan Pemerintah RI Tahun 2020’; dan perwakilan Peradi Cabang Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Nur Wakib, S.H., M.H. dengan tema ‘Kemudahan Berinvestasi di Indonesia, Khususnya di Kalimantan’.

Adapun seminar ditutup oleh Wakil Ketua Umum Bidang Internasional Peradi, Ricardo Simanjuntak, S.H., LL.M dan dimoderatori oleh Nirmala Many, S.H., MCL.

Sumber : https://www.hukumonline.com/berita/baca/lt5f521bcf35d11/menakar-potensi-investasi-lewat-seminar-internasional-bertajuk-indonesias-investment-potential

Berita Terbaru “Firma Hukum Dr. iur. Liona N. Supriatna, SH, M.Hum. – Andri Marpaung, SH & Rekan ”:

  1. KABAR GEMBIRA TELAH DIBUKA: PENDIDIKAN KHUSUS PROFESI ADVOKAT (PKPA) ANGKATAN IX ANGKATAN 2020 DPC PERADI BANDUNG BEKERJASAMA DENGAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PADJADJARAN
  2. Nikson Kennedy Marpaung, S.H, M.H, CLA
  3. LIDOIWANTO SIMBOLON, SH
  4. Priston Tampubolon, S.H
  5. INILAH DAFTAR ALAMAT DPC PERHIMPUNAN ADVOKAT INDONESIA (PERADI) SELURUH INDONESIA
  6. SEJARAH HUKUM PIDANA INDONESIA
  7. Inilah Biografi Lengkap 7 Presiden Republik Indonesia Dari Dari Indonesia Merdeka Hingga Saat Ini
  8. Kabar Gembira, Ayo Ikuti Webinar Perhimpunan Alumni Jerman (PAJ) Bandung
  9. Ulasan Lengkap Tentang Dasar Hukum Pengangguhan Penahanan
  10. Profil Dekan Fakultas Hukum Universitas Parahyangan
  11. Perlindungan Hak Asasi Manusia Dikaitkan Dengan Undang-Undang Intelijen Republik Indonesia
  12. Perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) Bagi Tenaga Kerja Indonesia Di Negara Penerima Kerja
  13. Bagaimana Cara Mendirikan PT (Persero)
  14. Ketentuan-Ketentuan Hukum Dalam Bahasa Inggris
  15. Sejarah KUHP Di Indonesia
  16. TEORI-TEORI PEMIDANAAN DAN TUJUAN PEMIDANAAN
  17. TUJUAN HUKUM PIDANA
  18. MACAM-MACAM SANKSI PIDANA DAN PENJELASANNYA
  19. MENGENAL BUDAYA BATAK, DALIHAN NA TOLU DAN PERKAWINAN MASYARAKAT BATAK TOBA SERTA TATA CARA PELAKSANAAN PERKAWINANNYA
  20. ASAS-ASAS HUKUM PIDANA
  21. ADVOKAT ADALAH PENEGAK HUKUM, APA KATA HUKUM ???
  22. APA SAJA HAK – HAK ANDA DAN APA SAJA MEMBERI HUKUM YANG DILALUI KETIKA MENGHADAPI MASALAH HUKUM DALAM PERKARA PIDANA BAIK DI KEPOLISAN, KEJAKSAAN, PENGADILAN NEGERI, PENGADILAN TINGGI DAN MAHKAMAH AGUNG
  23. BIDANG PERLINDUNGAN & PEMBELAAN PROFESI ADVOKAT DPC PERADI BANDUNG
  24. Rekomendasi Objek Wisata Terbaik Di Provinsi Jawa Barat
  25. Profil Purnawirawan Walikota TNI AD Muhammad Saleh Karaeng Sila
  26. Dampak Covid-19 Bagi Perusahaan Dan Imbasnya Bagi Karyawan
  27. Penasaran, Apa Sih Arti Normal Baru Dalam Pandemi Copid-19
  28. Info Kantor Hukum Kota Bandung & Cimahi
  29. TUJUAN PEMIDANAAN DAN TEROI-TEORI PEMINDANAAN
  30. TEORI-TEORI PEMIDANAAN
  31. Informasi Daftar Kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Seluruh Indonesia
  32. 8 Pengacara Batak Paling Terkenal di Indonesia Yang Bisa Dijadikan Inspirasi
  33. Dafar Nama Perusahaan Di Kota Bandung
  34. DAFTAR PUSAT BANTUAN HUKUM PERHIMPUNAN ADVOKAT INDONESIA SELURUH INDONESIA
  35. Daftar Kantor Pengacara Di Bandung
  36. Daftar Nama dan Alamat Perusahaan BUMN di Bandung dan Jakarta
  37. Bagaimana Proses dan Perbaikan Penyelesaian Perkara Pada Tingkat Penyelidikan dan Penyidikan Dikepolisian?
  38. Upaya Hukum Terhadap Sertifikat Yang Tidak Dapat Diserahkan Bank atau pengembang Kepada Pemegang Cessie Yang Baru.
  39. Bagaimana Cara Pengajuan Penundaan Pembayaran dan Keringanan Hutang Ditengah Pandemi Covid-19
  40. Cara dan Prosedur Melaporkan Tindak Pidana Di Kepolisian
  41. Apakah Suatu Ketentuan Hukum Boleh Bertentangan Dengan Hukum Diatasnya? Bagaimana Jenis Dan Hierarki Peraturan Perundang-Undang Di Indonesia?
  42. RUU Omnibus Law Cipta Kerja, Harus Lindungi Hak-Hak Pekerja / Buruh
  43. Apa Syarat Agar Dapat Diterima Perusahaan Pailit?
  44. Cara Membedakan Penipuan dan Penggelapan
  45. SEMA NO. 02 TAHUN 2020 MENGENAI LARANGAN MEREKAM DAN PENGAMBILAN FOTO DI RUANG SIDANG PENGADILAN BERTENTANGAN DENGAN HUKUM
  46. Bagaimana Tata Cara Mendirikan Perusahaan
  47. Apakah Rakyat Berhak Melakukan Penambangan Menurut Hukum?
  48. Bolekah Pemegang Izin Usaha Pertambangan Emas dan Batubara Diberikan Hak Atas Tanah?
  49. Cara meminta Surat Keuputsan TUN Berupa Sertifikat Hak Milik (SHM)
  50. Cek Kosong Apakah Pidana Atau Perdata

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *