PT. PERDANA MUNCUL JAYA

KANTOR PUSAT

Jl. Cibogo Bawah No. 25, Rt/Rw:005/005, Kelurahan Sukawarna, Kecamatan Sukajadi, Kota bandung, Jawa Barat (40164). Tlp: 02130020255 – Hp: 082272188522-Website:www.lawyersclubs.com, Email:perdanamunculjaya@gmail.com

I. PENDAHULUAN

Dewasa ini dengan berkembangnya usaha yang bergerak dibidang Pelayanan Jasa Penagihan Hutang, maka bersama ini kami PT. PERDANA MUNCUL JAYA yang didirikan melalui Akta Notaris Nomor: 02, tertanggal 02 Oktober 2019, dibuat dihadapan Notaris Citra Isma Uspitasari, S.H., M.Kn. Dan selanjutnya telah mendapatkan pengesahan sesuai dengan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-0051066.AH.01.01. Tahun 2019 Tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perseroan Terbatas PT. PERDANA MUNCUL JAYA yang berkedudukan di Jl. Cibogo Bawah No. 25, Rt/Rw:005/005, Kelurahan Sukawarna, Kecamatan Sukajadi, Kota bandung, Jawa Barat (40164).

Kompetensi utama Lembaga Keuangan (Perbankan, BPR dan Leasing, serta Perorangan) adalah memberikan kredit kepada masyaakat, dalam hal ini Lembaga Keuangan/Perbankan/Leasing bertindak sebagai Kreditur dan Masyarakat bertindak sebagai Debitur. Saat fasilitas kredit dicairkan kepada Debitur, maka saat itu juga Lembaga Keuangan/Perbankan/Leasing mengambil suatu resiko, yang mana resiko tersebut adalah aset dari lembaga keuangan.

Dengan demikian, tujuan Lembaga Keuangan/Perbankan/Leasing memberikan kredit adalah dalam rangka pembetukan aset dan aset akan tumbuh jika kualitas kredit sehat dalam arti lancar. Kredit dapat digolongkan lancar jika pembayaran angsuran terjadi tepat waktu dan jumlahnya sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati, yang mana perjanjian yang telah disepakati antara Debitur dengan Kreditur merupakan hukum atau undang-undang.

Di dalam pelaksanaan pemberian kredit, adakalanya terdapat kredit yang tidak dibayar sebagaimana mestinya, keadaan demikian disebut dengan kredit bermasalah yang harus diatasi oleh Lembaga Keuangan/Perbankan/Leasing, karena kredit bermasalah sangat berpengaruh pada kualitas kredit dan menjadi indikator utama penilaian kesehatan kinerja perusahaan. Disamping itu, keseimbangan antara waktu dan jumlah likuiditas (kelancaran/kesehatan), serta kredit yang diberikan kepada Debitur harus dijaga agar perusahaan mendapatkan keuntungan sebagaimana yang diharapkan oleh perusahaan.

Untuk mendapatkan keuntungan, perusahaan harus selalu menjaga kualitas kredit yang diberikan, oleh karena itu resiko yang timbul dalam pelaksanaan pemberian kredit harus diminimalisir dengan berbagai cara penanganannya.

Dalam melakukan upaya penanganan kredit bermasalah tidak dapat dilakukan setengah-setengah, harus dilakukan dengan continue, focus dan intensif, serta butuh kedisiplinan yang tinggi, semakin tinggi aktifitas yang demikian akan menyebabkan konsentrasi usaha perusahaan pada kompetensi utamanya terpecah, sehingga dapat menyebabkan pencapaian loan volumenya tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Untuk lebih meningkatkan keunggulan yang kompetitif, sudah saatnya perusahaan melakukan penanganan kredit bermasalah secara selectif dengan tanpa harus mengobarkan kompetensi utamanya. Oleh karena itu, untuk penanganan kredit bermasalah seyogyanya diserahkan kepada lembaga atau institusi yang mempunyai kompetensi dan menspesialisasikan diri menanganai kredit bermasalah.

II. SOLUSI PEMIKIRAN MENGATASI KREDIT BERMSALAH

Penanganan kredit bermasalah selalu diawali dengan penagihan (cash collection) adan salah satu cara penagihan atas kredit bermasalah tersebut dengan menggunakan collection agency yang seacara luas dikenal dengan debt collector. Namun demikian pada umumnya masih gamang untuk menggunkan jasa debt collector karena citra collector masih berkonotasi negatif, identik dengan intimidasi/ancaman, kekerasan fisik dan pelanggaran hukum lainnya, disamping komisi besar bersifat konvensional dan belum dilakukan secara profesional, bertindak perorangan tidak terorganisir dalam lembaga formal tertentu dan sulit dalam pertanggungjawabannya, yang demikian ini dikhawatirkan dapat merugikan dan merusak citra serta nama baik perusahaan dimata masyarakat dan komunitasnya.

Berangkat dari kondisi diatas untuk menjawab masalah kredit bermasalah, kami PT. PERDANA MUNCUL JAYA adalah solusinya. Bahwa  PT. PERDANA MUNCUL JAYA merupakan Perusahan yang bergerak dalam bidang jasa  jasa penagihan hutang, jasa tagih, jasa tagih hutang, jasa penagihan, jasa collection, debt collector, jasa negoisasi, jasa konsultasi bisnis dan manajemen terutama dalam bidang jasa penagihan. Dengan berdasarkan komitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada mitra kerja dengan berupaya semaksimal mungkin menarik atau menagih pembayaran yang tertunda dari Costumer yang melalaikan kewajibannya dan menjunjung tinggi kejujuran dan kesopanan dalam hal menyelesaikan kasus dengan baik menurut ketentuan dan hukum yang berlaku, serta menjaga nama baik Mitra kerja. PT. PERDANA MUNCUL JAYA  dikelolah oleh tim managemen yang memiliki pengalaman profesional dan di ukung oleh staf operasional yang berpengalaman dan profesional dibidang jasa penagihan.

III. PROFIL  PT. PERDANA MUNCUL JAYA

MOTTO:

“Paduan pelayanan dan profesional dalam penenganan permasalahan”.

FILOSOFI:

Profesionalisme

“Menerapkan sifat profesionalisme dengan menjaga etika, mentaati peraturan perundang-undangan, serta norma hukum yang berlaku”.

Integritas

“Menjunjung tinggi kejujuran, ikhlas dalam melakukan pekerjaan dan senatiasa mengedepankan kode etik dalam menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh klien”.

Kompetensi

“Memelihara kompetensi dalam pelayanan usaha jasa collection agency dengan dukungan sumber daya manusia yang berkualitas, mempunyai pengetahuan, wawasan yang luas dan pengalaman dalam bidangnya”.

Reputasi

“Berusaha untuk menghargai kepercayaan klien dengan mempertahankan dan meningkatkan pelayanan yang memuaskan dan sebaik-baiknya”.

Kebijakan Mutu

  1. Menjaga dan meningkatkan kebijakan perusahaan dengan memberikan jasa yang profesional, serta pelayanan yang prima dengan menjaga integritas, kompetensi dan reputasi demi kepentingan klien.
  2. Seluruh jajaran manajement dan karyawan sepakat menerapkan sistem menejement mutu secara konsisten dengan penuh rasa tanggungjawab.
  3. Perbaikan dan peningkatan sistem mapun sumber daya yang dimiliki diperbaiki secara berkesinambungan agar sikap profesional, integritas, kompetensi dan reputasi dapat terus dipertahankan dan dikembangkan.

PT. PERDANA MUNCUL JAYA  didirikan di Bandung pada tanggal 02 Oktober 2019 sesuai dengan Akta Notaris Nomor: 02, tertanggal 02 Oktober 2019, dibuat dihadapan Notaris Citra Isma Uspitasari, S.H., M.Kn. Dan selanjutnya telah mendapatkan pengesahan sesuai dengan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-0051066.AH.01.01. Tahun 2019 Tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perseroan Terbatas PT. PERDANA MUNCUL JAYA yang berkedudukan hukum di Jl. Cibogo Bawah No. 25, Rt/Rw:005/005, Kelurahan Sukawarna, Kecamatan Sukajadi, Kota bandung, Jawa Barat (40164).

Dalam menjalankan kinerja ini, kami selalu menghargai sebuah waktu dan efesiensi kerja dengan tujuan untuk meningkatnkan produktifitas usaha.

VISI:

“Menjadi instansi penanganan kredit bermasalah yang terbaik dan memberikan pelayanan terbaik bagi klien kami, dengan tetap berlandaskan pada hukum dan perundang-undangan yang berlaku”.

MISI:

“Membangun kemampuan dan infrasrtuktur yang dibutuhkan untuk dapat memberikan layanan yang terbaik kepada semua pihak yang menggunkan jasa kami. Menyelaraskan organiasi, sumber daya manusia dan etos kerja dalam pencapaian tujuan”.

IV. JASA PELAYANAN PT. PERDANA MUNCUL JAYA

Layanan Jasa dan Kompetensi Utama PT. PERDANA MUNCUL JAYA adalah:

  1. Penanganan Kredit Bermasalah, baik berupa penyelamatan kredit maupun penyelesaian kredit:
  2. Penyelamatan Kredit:

Penyelamatan kredit bermasalah dimana Kreditur masih menginginkan kelangsungan kerjasama dengan Kreditur.

  • Penyelesaian Kredit:

Yaitu penanganan kredit bermasalah dimana Kreditur menghendaki pemutusan hubungan kerjasama dengan Debitur.

  • Penarikan/Ambil Alih Jaminan
  • Pelelangan

Yaitu pengalihan penanganan proses lelang atas jaminan yang berupa Tanah, Bangunan dan aset lainnya dari Debitur yang bermasalah kepada PT. PERDANA MUNCUL JAYA.

  • Pengalihdayaan Bidang Penagihan

Yaitu memindahkan kepada PT. PERDANA MUNCUL JAYA aktifitas tugas dan tanggungjawab pekerjaan rutin yang berkelanjutan dari Kreditur dibidang penagihan.

  • Konsultasi Kredit Bermasalah

V. PENUTUP

“Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama” adalah sesuatu yang benar untuk menjamin kesuksesan dari PT. PERDANA MUNCUL JAYA.

Pusat dari kesuksesan perusahaan kami adalah kepercayaan yang kuat didalam menjalin kerjasama yang baik berdasarkan kepercayaan dan keterbukaan (transparency).

PIMPINAN PERUSAHAAN PT. PERDANA MUNCUL JAYA

ANDRI MARPAUNG, S.H.

PENASEHAT HUKUM PT. PERDANA MUNCUL JAYA

PRISTON TAMPUBOLON, S.H.

PARTNER’S AND LAWYER’S

SELURUH ANGGOTA LAWYER’S SOSIAL INDONESIA (L’YSOI)

RAMSEN MARPAUNG, S.H., M.H.

NIKSON KENNEDY MARPAUNG, S.H.,M.H.

TOHONAN MARPAUNG, S.H.

Berita Terbaru “Law Firm Dr. iur. Liona N. Supriatna, S.H., M.Hum. – Andri Marpaung, S.H. & Partners” :

  1. SEJARAH HUKUM PIDANA INDONESIA
  2. Inilah Biografi Lengkap 7 Presiden Republik Indonesia Dari Dari Indonesia Merdeka Hingga Saat Ini
  3. Kabar Gembira, Ayo Ikuti Webinar Perhimpunan Alumni Jerman (PAJ) Bandung
  4. Ulasan Lengkap Tentang Dasar Hukum Pengangguhan Penahanan
  5. Profil Dekan Fakultas Hukum Universitas Parahyangan
  6. Perlindungan Hak Asasi Manusia Dikaitkan Dengan Undang-Undang Intelijen Republik Indonesia
  7. Perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) Bagi Tenaga Kerja Indonesia Di Negara Penerima Kerja
  8. Bagaimana Cara Mendirikan PT (Persero)
  9. Ketentuan-Ketentuan Hukum Dalam Bahasa Inggris
  10. Sejarah KUHP Di Indonesia
  11. TEORI-TEORI PEMIDANAAN DAN TUJUAN PEMIDANAAN
  12. TUJUAN HUKUM PIDANA
  13. MACAM-MACAM SANKSI PIDANA DAN PENJELASANNYA
  14. MENGENAL BUDAYA BATAK, DALIHAN NA TOLU DAN PERKAWINAN MASYARAKAT BATAK TOBA SERTA TATA CARA PELAKSANAAN PERKAWINANNYA
  15. ASAS-ASAS HUKUM PIDANA
  16. ADVOKAT ADALAH PENEGAK HUKUM, APA KATA HUKUM ???
  17. APA SAJA HAK – HAK ANDA DAN APA SAJA MEMBERI HUKUM YANG DILALUI KETIKA MENGHADAPI MASALAH HUKUM DALAM PERKARA PIDANA BAIK DI KEPOLISAN, KEJAKSAAN, PENGADILAN NEGERI, PENGADILAN TINGGI DAN MAHKAMAH AGUNG
  18. BIDANG PERLINDUNGAN & PEMBELAAN PROFESI ADVOKAT DPC PERADI BANDUNG
  19. Rekomendasi Objek Wisata Terbaik Di Provinsi Jawa Barat
  20. Profil Purnawirawan Walikota TNI AD Muhammad Saleh Karaeng Sila
  21. Dampak Covid-19 Bagi Perusahaan Dan Imbasnya Bagi Karyawan
  22. Penasaran, Apa Sih Arti Normal Baru Dalam Pandemi Copid-19
  23. Info Kantor Hukum Kota Bandung & Cimahi
  24. TUJUAN PEMIDANAAN DAN TEROI-TEORI PEMINDANAAN
  25. TEORI-TEORI PEMIDANAAN
  26. Informasi Daftar Kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Seluruh Indonesia
  27. 8 Pengacara Batak Paling Terkenal di Indonesia Yang Bisa Dijadikan Inspirasi
  28. Dafar Nama Perusahaan Di Kota Bandung
  29. DAFTAR PUSAT BANTUAN HUKUM PERHIMPUNAN ADVOKAT INDONESIA SELURUH INDONESIA
  30. Daftar Kantor Pengacara Di Bandung
  31. Daftar Nama dan Alamat Perusahaan BUMN di Bandung dan Jakarta
  32. Bagaimana Proses dan Perbaikan Penyelesaian Perkara Pada Tingkat Penyelidikan dan Penyidikan Dikepolisian?
  33. Upaya Hukum Terhadap Sertifikat Yang Tidak Dapat Diserahkan Bank atau pengembang Kepada Pemegang Cessie Yang Baru.
  34. Bagaimana Cara Pengajuan Penundaan Pembayaran dan Keringanan Hutang Ditengah Pandemi Covid-19
  35. Cara dan Prosedur Melaporkan Tindak Pidana Di Kepolisian
  36. Apakah Suatu Ketentuan Hukum Boleh Bertentangan Dengan Hukum Diatasnya? Bagaimana Jenis Dan Hierarki Peraturan Perundang-Undang Di Indonesia?
  37. RUU Omnibus Law Cipta Kerja, Harus Lindungi Hak-Hak Pekerja / Buruh
  38. Apa Syarat Agar Dapat Diterima Perusahaan Pailit?
  39. Cara Membedakan Penipuan dan Penggelapan
  40. SEMA NO. 02 TAHUN 2020 MENGENAI LARANGAN MEREKAM DAN PENGAMBILAN FOTO DI RUANG SIDANG PENGADILAN BERTENTANGAN DENGAN HUKUM
  41. Bagaimana Tata Cara Mendirikan Perusahaan
  42. Apakah Rakyat Berhak Melakukan Penambangan Menurut Hukum?
  43. Bolekah Pemegang Izin Usaha Pertambangan Emas dan Batubara Diberikan Hak Atas Tanah?
  44. Cara meminta Surat Keuputsan TUN Berupa Sertifikat Hak Milik (SHM)
  45. Cek Kosong Apakah Pidana Atau Perdata